Mengenal Toko Online dan Cara Membuatnya

Saat ini cukup marak berbelanja melalui toko online, Anda tidak perlu pergi keluar rumah hanya untuk membeli produk keinginan cukup scrolling layar hp dan Anda bisa melakukan transaksi saat itu juga.

Saat ini cukup marak berbelanja melalui toko online, Anda tidak perlu pergi keluar rumah hanya untuk membeli produk keinginan cukup scrolling layar hp dan Anda bisa melakukan transaksi saat itu juga, bagi Anda yang ingin membuat toko online untuk memperkenalkan atau menawarkan bisnis bisa menggunakan jasa pembuatan toko online profesional.

Apa Itu Toko Online?

Toko online merupakan sebuah media atau platform berbentuk digital yang menjual barang atau jasa melalui media internet, karena melalui media internet maka saat melakukan transaksi tidak ada pertemuan antara penjual dan pembeli, Anda sebagai pembeli dapat melihat-lihat terlebih dahulu barang atau jasa yang ditawarkan sebelum akhirnya melakukan transaksi, biasanya setiap barang atau jasa yang ditawarkan sudah tercantum spesifikasi dan harga, jadi Anda tidak perlu lagi bertanya pada penjual mengenai barang yang ingin dibeli.

Para pelaku bisnis biasanya menggunakan media website; blog hingga aplikasi toko online sebagai kios tokonya, website atau aplikasi yang digunakan sebagai kios toko akan terprogram bahasa markup dan menggunakan hosting, program tersebut nantinya dapat berfungsi sebagai display toko termasuk sistem menerima pesanan dan melakukan pembayaran.

Membuat Toko Online

Toko online pada website atau aplikasi memudahkan Anda memasukkan barang ke keranjang hingga proses pembayaran, agar konsumen merasa nyaman saat mengakses toko online maka Anda harus bisa memberikan kemudahan dalam mengakses website atau aplikasi tersebut, namun tidak semua orang memiliki keahlian khusus untuk membuat website dari nol, oleh karena itu Anda yang ingin membuat toko dari nol bisa menggunakan jasa pembuatan toko online profesional.

Meskipun Anda tidak memiliki keahlian khusus untuk membuat website toko online cukup gunakan CMS, Content Management System ibarat seperti website yang sudah jadi, jadi Anda bisa mengubah dan menyesuaikan dengan keinginan, ada beberapa CMS yang bisa Anda pilih mulai dari membuat profil perusahaan hingga membuat toko online, bahkan ada juga CMS yang ditujukan untuk program e-learning.

Dengan menggunakan Anda akan mendapatkan fitur-fitur seperti edit foto; edit produk; fitur pencarian dan beberapa fitur lainnya, jadi untuk membuatnya Anda harus sudah menentukan website apa yang ingin dibuat dan bagaimana tampilannya, jika sudah pasang CMS yang diinginkan dengan menginstallnya terlebih dahulu.

Saat proses instalasi Anda hanya membutuhkan domain subdomain; nama toko online; username dan password untuk login, dan nama Anda, setelah mengisi semua data tersebut tunggu beberapa saat hingga proses selesai, setelah selesai pada bagian akhir proses akan ada link yang dapat diakses untuk menuju halaman utama serta halaman admin, mudah bukan?

Bagi Anda yang merasa bingung atau kurang paham dalam membuat website toko online lebih baik menggunakan jasa pembuatan toko online profesional, sehingga struktur data toko online Anda akan lebih jelas dan tepat.

Leave a Reply