4 Jenis E-commerce Management Service, Beserta Metode Pembayaran

E-commerce management service menjadi sarana yang memudahkan anda baik penjual untuk saling memasarkan produk maupun pembeli guna mencari produk yang diinginkan. Ada 4 jenis, yaitu C2B, C2C, B2B, dan B2C.

E-commerce management service menjadi sarana yang memudahkan anda baik penjual untuk saling memasarkan produk maupun pembeli guna mencari produk yang diinginkan. 

Layanan E-commerce ini sangat bisa diandalkan terutama untuk memenuhi kebutuhan primer maupun sekunder. Nah, adapun jenis-jenis E-commerce management service yang seharusnya anda ketahui terlebih dahulu. Ini ulasannya!

Jenis-jenis E-commerce Management Service:

  1. C2B (E-commerce Consumerto Business)

E-commerce ini dilakukan oleh konsumen dengan produsen yang menjual produk atau jasa, sebagai contoh konsumen menjelaskan secara detail mengenai produk/jasa yang dibutuhkannya, setelah itu produsen akan mencoba menawarkan produk atau jasa yang mereka punya dan sekiranya cocok dengan permintaan konsumen.

  1. C2C (E-commerce Consumer to Consumer)

Merupakan jenis E-commerce yang proses pemasaran produknya dilakukan antar konsumen atau lebih tepatnya konsumen mendapat produk dari suatu produsen, lalu menjualnya kembali ke konsumen yang lain.

3. B2B (E-commerce Business to Business)

Jenis E-commerce ini biasanya dilakukan oleh pihak yang sama-sama merasa diuntungkan berdasarkan kepentingan dan hubungan bisnis dalam jangka panjang, misal adanya transaksi jual beli online antara perusahaan satu dengan perusahaan lain.

4. B2C (E-commerce Business to Consumer)

E-commerce yang dilakukan antara pebisnis dengan konsumen ini selayaknya jual beli biasa, yaitu produsen menawarkan produk/jasa, lalu konsumen membelinya secara online.

Disamping jenis-jenis E-commerce diatas terdapat beberapa pilihan metode pembayaran E-commerce management service yang bisa anda pilih, serta menyesuaikannya dengan kondisi anda saat itu. Mau tahu apa saja? simak uraian dibawah ini!

Contoh-contoh Metode Pembayaran E-commerce:

  1. Metode pembayaran transfer

Metode ini cukup mudah dilakukan, karena pembeli hanya perlu mentransfer sejumlah uang ke penjual sesuai harga produk/jasa. Baru setelah itu penjual akan mengirimkan produk kepada anda selaku pembeli.

  1. Metode pembayaran Cash on Delivery (COD)

Metode pembayaran yang dilakukan secara langsung. Jadi, sebelumnya sudah ada kesepakatan antara penjual dan pembeli untuk bertemu di suatu tempat atau bisa juga dengan perantara kurir. Setelah pembeli menerima barangnya, ia baru membayar uang secara tunai ke penjual. Metode ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya penipuan lewat online.  

  1. Metode pembayaran elektronik

metode pembayaran yang memanfaatkan layanan internet banking, kartu debit/kredit atau uang digital dalam bertransaksi.

Ditambah lagi E-commerce memiliki manfaat bagi para pebisnis, diantaranya menghemat waktu, pembeli bisa berasal dari mana saja, mengurangi biaya operasional serta mempermudah transaksi. 

Melalui E-commerce management service penjual tidak perlu khawatir tentang keberlangsungan bisnisnya kedepan, begitu juga bagi pembeli, mereka bisa memenuhi segala kebutuhan produk atau jasa secara mudah bahkan cukup dengan berdiam diri dirumah, lalu melakukan pemesanan dan pembayaran barang akan diantar ke tempat anda dengan selamat.

Leave a Reply