4 Cara Mencegah Sengatan Listrik Genset dalam Pengoperasian Dan Perawatan Genset

Sebagai barang yang penting dalam rumah, kantor, perusahaan dan lain sebagainya, genset adalah alat yang penting untuk diperhatikan dalam hal pengoperasian dan perawatannya, sebab jika kurang memperhatikan keduanya akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersengat listrik, berikut ini 4 cara mencegah sengatan listrik genset antara lain Pemasangan Alat Khusus Pendeteksi Kebocoran Arus Listrik, Melakukan Grounding untuk Meminimalisir Sengatan Listrik, Memasang Konduktor Listrik ke dalam Base Frame, Memasang Isolator Listrik.

Sebagai barang yang penting dalam rumah, kantor, perusahaan dan lain sebagainya, genset adalah alat yang penting untuk diperhatikan dalam hal pengoperasian dan perawatannya, sebab jika kurang memperhatikan keduanya akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersengat listrik, berikut ini 4 cara mencegah sengatan listrik genset antara lain
1. Pemasangan Alat Khusus Pendeteksi Kebocoran Arus Listrik
Di dalam pemeliharaan atau perawatan genset untuk mencegah kebocoran arus listrik diperlukan alat khusus pendeteksi kebocoran listrik, hal ini adalah usaha agar penggunaan genset aman dan terkendali, alat ini bernama ELCB dan MCB dipasang pada rangkaian arus listrik yang disambungkan ke genset, perbedaannya ELCB digunakan untuk tegangan listrik yang tinggi sedangkan MCB adalah sebaliknya.
2. Melakukan Grounding untuk Meminimalisir Sengatan Listrik
Istilah grounding atau yang kita kenal dengan cara mengalirkan aliran listrik ke dalam tanah, adalah salah satu cara mencegah dan meminimalisir sengatan listrik yang cukup efektif dilakukan, karena penghantar listrik yang disalurkan ke dalam tanah membuat listrik-listrik yang menyengat dapat diserap oleh tanah. Hal ini mungkin dapat dimasukkan dalam SOP perawatan genset secara umum.
3. Memasang Konduktor Listrik ke dalam Base Frame
Pemasangan konduktor atau penghantar listrik pada bagian dalam genset diperlukan agar saat terjadi kebocoran listrik, konduktor tersebut dapat mengalirkan listrik langsung ke base frame, sehingga menghindarkan orang tersengat listrik yang bocor akibat genset.
4. Memasang Isolator Listrik

Pemasangan isolator atau materi yang sulit menghantarkan listrik adalah merupakan tindakan preventif dalam perawatan genset. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memasang lapisan plastik kaku yang diletakkan pada body genset, sehingga jika terjadi kebocoran listrik pada genset, bagian yang sering disentuh operator tidak akan bisa mengalirkan listrik, langkah ini dapat dilakukan untuk anda yang menggunakan genset usang, karena dalam penggunaan genset yang usang lebih memungkinkan terjadinya kebocoran listrik.
Itu tadi adalah beberapa cara yang penting dilakukan agar mencegah sengatan listrik dari genset, karena yang terpenting dalam mengoperasikan genset adalah keamanan anda sendiri, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply