Ketahuilah Jenis-Jenis dan Fungsi Banner Sebelum Anda Melakukan Cetak Banner

Setiap melakukan promosi tentunya membutuhkan suatu media yang nantinya bisa menyampaikan pesan-pesan dari produk yang ingin disampaikan kepada khalayak. Salah satu media promosi yang sering digunakan adalah banner karena praktis. Oleh karena itu, saat ini banyak sekali orang-orang yang membutuhkan jasa cetak banner.

Setiap melakukan promosi tentunya membutuhkan suatu media yang nantinya bisa menyampaikan pesan-pesan dari produk yang ingin disampaikan kepada khalayak. Salah satu media promosi yang sering digunakan adalah banner karena praktis. Oleh karena itu, saat ini banyak sekali orang-orang yang membutuhkan jasa cetak banner.

Jenis Banner dan Fungsinya

Jenis-jenis banner dan fungsinya yang sering dicetak adalah sebagai berikut ini:

  1. Y Banner. Pada jenis ini terdiri dari rangka dan banner yang saling terpisah dan tiang penyangga yang digunakan berbentuk menyerupai huruf Y. Umumnya Y banner mempunyai semacam alas pada bagian bawah supaya dapat berdiri dengan lebih kokoh dan kuat. Namun, media promosi ini tidak sepopuler X banner yang sering sekali Anda jumpai. Ukuran standar dari Y banner sendiri sekitar 60 x 160 cm.
  2. Mini X Banner. Banner jenis ini menggunakan tiang penyangga yang berbentuk huruf X. Banner ini mempunyai ukuran yang mini, yaitu 26 x 38 cm atau bahkan bisa lebih kecil lagi sesuai dengan keinginan Anda. Bahan yang digunakan pada mini X banner sendiri ada 2 macam, yaitu yang tanpa menggunakan lapisan dan yang terdapat lapisan stainless. Umumnya banner ini digunakan untuk mempromosikan menu-menu yang terdapat di restoran sehingga bannernya diletakkan di atas meja.
  3. Roll Up Tipe banner ini mempunyai fungsi dan cara penggunaan yang digulung. Sehingga ketika Anda ingin memakai banner jenis ini, maka cukup dengan menarik banner dari sisi atas ke bawah. Ukuran standar dari jasa cetak banner jenis ini adalah 150 x 200 cm, 80 x 200 cm, 120 x 200 cm, dan juga 85 x 200 cm. Jenis banner ini dinilai sangat efisien karena sangat ringan dan bisa Anda bawa ke mana saja. Bahan yang digunakan dalam pembuatannya juga mempunyai daya tahan yang tangguh serta kuat. 

Banner ini sangat cocok digunakan atau dipasang di dalam ruangan. Hal itu dikarenakan umumnya hanya digunakan untuk etalase toko, pameran, serta ruang penjualan. Selain harganya yang murah, roll up banner ini juga bisa menampilkan produk dengan menyeluruh tanpa jatuh akibat tiupan angin serta tanpa adanya halangan lipatan.

  1. X Banner. Banner ini adalah yang paling umum dijumpai dan dinamakan X banner karena pemasangannya menggunakan penyangga dari tiang yang berbentuk menyerupai huruf X. Tiang penyangga tersebut terbuat dari bahan pipa aluminium yang kecil sehingga mudah dan ringan ketika sedang dipindahkan. Umumnya X banner akan diletakkan di samping pintu masuk dari ruang seminar, toko, ataupun kantor. 

Jenis banner ini sangat cocok untuk diletakkan secara outdoor ataupun indoor. Menariknya, tiang penyangga banner ini dapat Anda pakai secara berkali-kali sehingga hanya perlu untuk melakukan cetak banner saja sesuai dengan ukuran dari stand-nya. Ukuran dari banner ini sendiri bervariasi seperti 80 x 180 cm, 60 x 120 cm, 60 x 160 cm, dan juga 25 x 40 cm.

Harga Cetak Banner

Harga dari mencetak banner sendiri sangat bervariasi tergantung dari jenis dan ukuran banner yang ingin di cetak. Harganya sendiri ada yang mulai 28 ribu hingga 650 ribu.

Ketika Anda sedang membutuhkan media promosi banner, tidak perlu susah-susah karena sekarang sudah banyak sekali jasa cetak banner yang juga menyediakan layanan pembuatan banner. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi sebelum memulai untuk mencetak banner.

Leave a Reply