Apa tu supplier Horeca? Apa saja yang perlu diperhatikan?

Horeca merupakan salah satu istilah yang digunakan pada negara tertentu seperti prancis untuk menyebut industri makanan ataupun industri hospitalitas. Horeca merupakan sebuah singkatan yang berkepanjangan Ho atau hotel, Re atau restaurant dan Ca yaitu cafe.

Horeca merupakan salah satu istilah yang digunakan pada negara tertentu seperti prancis salah satunya untuk menyebut industri makanan ataupun industri hospitalitas. Horeca juga merupakan singkatan yang berkepanjangan Ho atau hotel, Re atau restaurant dan Ca yaitu cafe. Sehingga banyak dari mereka yang juga menyebutkan sebagai industri hospitalitas jika di indonesia sendiri.

Oleh karena itu terbagi banyak sekali jenis pekerjaan yang masuk dalam bidang tersebut. Inilah beberapa contoh pekerjaan terkait Horeca,

  1. Marketing Horeca 

Pekerjaan terkait horeca ini biasanya dibutuhkan orang yang sudah berpengalaman dibidangnya misal dalam menjual produk makanan dan minuman pada sektor hospitalitas atau horeca. Biasanya pekerjaan ini sangat tergantung pada target yang diberikan oleh perusahaan dan juga menggunakan skill negosiasi yang baik. 

Selain itu juga dibutuhkan mental yang kuat karena harus siap mental dan selalu berada dalam tekanan serta mampu mengendarai motor ataupun bahkan mobil. Biasanya kualifikasi yang dibutuhkan yaitu memiliki pengalaman yang cukup serta mempunyai sifat pekerja keras serta multitasking. Namun tak dapat dipungkiri seorang marketing harus memiliki penampilan yang menarik. 

  1. Suplier Horeca

Sudah marak saat ini orang yang memilih menjadi supplier horeca. Namun, dalam menjadi supplier horeca haruslah jeli dalam melihat harga pasarannya. Jangan sampai produk yang dijual terlihat kemahalan dan jangan juga kemurahan karena hal tersebut dapat merusak pasar. Namun untuk memilih jenis barang apa saja yang akan dijual anda harus mencoba pangsa pasar terlebih dahulu. 

Pekerjaan terkait horeca satu ini harus memikirkan Produk yang memberikan insight yang baik dan juga menjadi kebutuhan rumah maupun bisnis menjadi suatu patokan bahwa barang tersebut sangat layak jika dijual.  Skill juga dibutuhkan dalam menjadi skill supplier horeca dalam melayani pelanggan ataupun biasa disebut juga dengan customer. Menjadi supplier juga harus memikirkan harga pasar maka dari itu ada beberapa timbangan untuk memilih tempat pengambilan barang. Berikut pertimbangannya, 

  • Kualitas  

Kualitas ini harus dipastikan. Jangan hanya memilih harga yang murah namun pertimbangkan kualitas dari produknya. Dengan menjadikan kualitas sebagai salah satu aspek terpenting maka tak dapat dipungkiri para pelanggan pun juga akan membelinya walaupun dengan harga yang terbilang mahal sekalipun. 

  • Cash flow 

Aspek ini juga perlu diperhatikan karena mempengaruhi pendapatan, laba bersih dan semua aspek keuangan. Sehingga anda harus juga bekerja sama dengan supplier yang mempunyai cash flow yang terbilang baik dan aman. 

  • Kesepakatan yang jelas

Hubungan yang baik maka akan menjadikan kesepakatan yang baik juga. Bisnis sangat penting dalam menjalin kesepakatan agar satu sama lain mengetahui batasan batasan dan juga kewajiban yang akan dijalani nantinya ketika menjalin kerja sama.  Maka demi tercapainya kesepakatan maka harus membuat win win solution juga atau sama sama menguntungkan.

Leave a Reply