Apa Itu UV Printing dan Keunggulannya?

Dunia percetakan kini semakin maju. Tidak hanya terbatas cetak untuk bahan kertas saja, sekarang berbagai jenis barang bisa masuk ke dalam proses printing.

Dunia percetakan kini semakin maju. Tidak hanya terbatas cetak untuk bahan kertas saja, sekarang berbagai jenis barang bisa masuk ke dalam proses printing. Namun tentu berbeda dengan print kertas. Untuk melakukan printing pada berbagai macam bahan, digunakanlah UV printing. Apa itu UV printing dan keunggulannya? 

Apa Itu UV Printing? 

Ini merupakan salah satu metode print menggunakan sinar UV atau sinar ultra violet dan juga tinta khusus yang biasa digunakan untuk mencetak bermacam-macam desain dari berbagai jenis bahan. Print UV ini, sudah cukup populer digunakan di berbagai macam kalangan. Anda pun juga bisa mengandalkan UV printing ini sebagai proses Print yang lebih memuaskan. 

Karena selain bisa melakukan proses print pada kertas, metode ini juga bisa melakukan proses print untuk lembaran akrilik, kayu, bahkan bisa juga digunakan untuk print pada objek yang memiliki permukaan 3D, seperti misalnya mug, bola golf, pena, mangkuk, dan masih banyak lagi. 

Hal itu bisa dilakukan oleh metode satu ini karena, titik-titik tinta yang dijatuhkan ke permukaan yang ingin diberi desain, tinta tersebut nantinya akan secara langsung terkena sinar ultraviolet yang berguna untuk langsung mengeringkan tinta dengan cepat. 

Sudah banyak sekali percetakkan yang menawarkan sistem print menggunakan UV. Sebab, keuntungannya lebih banyak dibanding dengan percetakan biasa atau tradisional. Ingin tahu apa saja keuntungan dari UV Printing ini? Silahkan disimak!

Keunggulan UV Printing

Dibanding dengan percetakan konvensional, UV printing memang memiliki banyak keunggulan. Keunggulan inilah yang membuat banyak orang sering lebih memilih untuk mencetak desainnya menggunakan UV printing dibanding print konvensional. Apa saja keunggulannya? Berikut uraiannya. 

Lebih Cepat Kering

Keunggulan pertama yang dimiliki oleh cara printing ini adalah cepat kering. Tinta UV yang digunakan akan mudah kering melalui foto mekanis. Tinta ini nantinya jika terkena sinar UV dapat cepat berubah dari cairan menjadi padatan. Sehingga UV printing ini cocok digunakan untuk print material apapun. 

Lebih Cepat Dicetak

Selin lebih cepat kering, metode printing ini juga memiliki proses cetak yang lebih cepat dibanding print konvensional. Sehingga jika menggunakan print UV ini, mampu menyelesaikan print lebih banyak dalam waktu singkat. 

Hemat Biaya

Perlu Anda ketahui kalau print ultraviolet ini merupakan metode printing yang cukup menghemat biaya. Karena, jika menggunakan UV print, Anda tidak membutuhkan yang namanya pelapis berair agar tinta tidak kotor dan cepat kering. Sebab, dengan UV printing, tinta akan cepat kering dengan prosesnya. 

Hasil Lebih Vibran

UV printing akan memberikan hasil yang lebih vibran dan juga cerah. Hal ini dikarenakan, sinar ultraviolet tidak membiarkan tinta meresap ke dalam material. Sehingga hasil akan terlihat lebih nyata. 

Demikian ulasan mengenai UV printing dan keunggulannya, semoga bermanfaat!

Leave a Reply